Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri dan Orang Lain

Cara Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri dan Orang Lain

 File PDF banyak dicari orang khususnya pelajar dan pekerja kantoran karena memiliki sejumlah keunggulan dan juga aplikasi ini praktis yang menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai kebutuhan. Selain itu PDF memiliki fitur interaktif seperti tautan, bookmark yang dapat diisi, yang membuat format file ini lebih dinamis dan berguna untuk berbagai aplikasi.


PDF sering digunakan untuk penyimpanan dan pengarsipan dokumen karena ukurannya yang relatif kecil dan kemampuan untuk memadatkan file tanpa kehilangan kualitas. PDF menawarkan berbagai fitur keamanan diantaranya keamanan kata sandi dan enkripsi, yang memungkinkan pemilik dokumen bisa melindungi informasi sensitif.

Dengan berbagai keunggulan ini, file PDF menjadi format pilihan banyak orang untuk menyimpan, berbagi, dan mengakses informasi. Inilah sebabnya mengapa file PDF banyak dicari dan digunakan di berbagai bidan. Maka tidak heran jika sebagian orang masih mencari file ini.

Biasanya File PDF disimpan di Google Drive agar bisa diakses dari berbagai perangkat seperti komputer dan smartphone selama Anda terhubung ke internet. Anda bisa dengan mudah berbagi file PDF dengan orang lain melalui email atau tautan. Namun kendala nya kita tidak bisa sembarangan mengambil file PDF pada akun orang lain karena pemilik akun dapat mengatur izin akses.


Jika Anda sedang mencari file PDF di akun Google Drive Anda maupun akun orang lain misalnya teman, keluarga dan kerabat maka silahkan simak tutorial ini karena sobat-tutorial.com sudah membuat langkah-langkahnya yang bisa dipelajari.

Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri dan Orang Lain

1. Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri


Jika sebelumnya sudah pernah menyimpan file PDF di akun Google Drive namun lupa cara melihat dan mengunduhnya maka berikut tutorial yang dapat membantu Anda.

  • Pertama silahkan login ke Google Drive dengan login menggunakan akun gmail Anda.
  • Kemudian pada tampilan beranda atau halaman awal Gunakan Kotak Pencarian.
Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri dan Orang Lain
  • Di bagian atas halaman Google Drive, terdapat kotak pencarian. Ketik kata kunci yang relevan dengan file PDF yang Anda cari. Bisa juga Anda cari melalui folder yang sudah di tampilkan sesuai dengan nama folder yang pernah Anda buat atau pernah di upload.
  • Untuk mempersempit hasil pencarian hanya ke file PDF, klik ikon filter (tiga garis horizontal dengan tiga titik) di sebelah kanan kotak pencarian, atau tekan tombol panah kecil di sisi kanan kotak pencarian.
  • Pilih “PDF” di bagian “Jenis” pada menu drop-down. Anda juga bisa mengisi nama pemilik, kata-kata dalam file pdf, lokasi dan lainnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan pencarian Anda.
  • Selanjutnya klik tombol Penelusuran dan tunggu proses pencarian sampai selesai. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Mencari File PDF di Google Drive
  • Nanti Google Drive menampilkan semua file PDF yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.
  • Selesai.

Baca juga:

2. Mencari File PDF di Google Drive Akun Orang Lain

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa untuk mencari file PDF di Google Drive akun orang lain, Anda harus memiliki izin untuk mengakses file atau folder tersebut. Jika Anda memiliki akses, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama pastikan telah diberi akses oleh pemilik file atau folder. Anda dapat menerima undangan berbagi melalui email atau tautan berupa link yang dibagikan.
  • Jika sudah memiliki tautan berbagi, silahkan klik tautan itu untuk membuka file atau folder di Google Drive.
  • Sama halnya dengan cara di atas, jika ingin mencari dalam folder yang dibagikan, buka folder tersebut dan gunakan kotak pencarian di dalam folder untuk mencari file PDF
  • Google Drive akan menampilkan semua file PDF yang sesuai dengan pencarian Anda di dalam folder yang dibagikan tersebut.

Tips Tambahan dari sobat-tutoria.com

  1. Anda bisa memanfaatkan fitur operator pencarian langsung di kotak pencarian, misalnya: type:pdf keyword. Ini akan mempersempit pencarian Anda ke file PDF yang mengandung kata kunci tertentu.
  2. Untuk melihat semua file dan folder yang dibagikan, buka bagian “Shared with Me” di Google Drive. Disini Anda bisa mencari file PDF sesuai kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan bisa dengan mudah menemukan file PDF di Google Drive, baik di akun Anda sendiri maupun di akun orang lain yang telah memberi Anda izin akses.

Post a Comment for "Cara Mencari File PDF di Google Drive Akun Sendiri dan Orang Lain"

close