Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Word

Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Word

Struktur organisasi ialah peta yang menunjukkan gambaran dari tugas-tugas dan tanggung jawab, yang sudah diatur di dalam organisasi. Struktur ini digambarkan dalam bentuk bagan yang menunjukkan posisi dan hubungan antar posisi, seperti siapa melapor kepada siapa (misalnya, manajer melapor kepada direktur).

Tahukan Anda. Pengguna Microsoft Word bisa menggunakan fitur SmartArt untuk membuat struktur organiasi secara otomatis sehingga tidak perlu memasukkan secara manual shape dan garis yang membutuhkan waktu cukup lama. SmartArt di Microsoft Word adalah fitur yang memungkinkan Anda membuat struktur organisasi secara cepat dan mudah yang terlihat lebih visual dan menarik. Dengan SmartArt, Anda bisa membuat berbagai jenis diagram seperti diagram alur, struktur organisasi, matriks, dan banyak lagi.


Dengan SmartArt, Anda bisa membuat visual yang lebih dinamis dan membantu pembaca memahami informasi dengan lebih cepat. Jika Anda tertarik menggunakan fitur ini dalam menyusun dan mendesain Struktur organisasi maka kali ini sobat-tutorial.com akan memberikan tutorialnya.

Kegunaan Struktur Organisasi di Word:

Struktur organisasi di kantor memberikan panduan tentang bagaimana sebuah organisasi berfungsi dan siapa yang bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

  1. Adanya kejelasan tanggung jawab, dengan begitu setiap orang tahu apa tugasnya dan siapa yang harus dilaporkan, sehingga pekerjaan lebih teratur.
  2. Manfaat kedua yaitu komunikasi jadi efisien karena struktur organisasi dapat memastikan informasi mengalir dengan baik dan memudahkan koordinasi antar departemen.
  3. Pembagian kerja yang baik dari adanya struktur yang jelas, tugas dapat dibagi sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing, sehingga meningkatkan produktivitas.
  4. Pengambilan keputusan yang teratur struktur yang baik membantu dalam proses pengambilan keputusan, karena sudah jelas siapa yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan. Motivasi karyawan dengan mengetahui jalur karier dan struktur perusahaan, karyawan bisa lebih termotivasi karena melihat peluang untuk berkembang.

Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Word


Membuat struktur organisasi di Word adalah proses yang cukup mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan fitur SmartArt. Berikut adalah tahapan sederhana untuk membuatnya:

  • Silahkan buka Microsoft Word dan buat dokumen baru atau buka file yang ingin Anda buatkan struktur organisasi.
  • Pada tampilan halaman kerja Klik tab "Insert" di bagian atas jendela Word.
  • Lalu Klik "SmartArt" di grup "Illustrations" seperti pada gambar di bawah ini.
  • Pada bagian "Choose a SmartArt Graphic" yang muncul, pilih kategori "Hierarchy" untuk membuat otomatis struktur organisasi.
Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Word
  • Pilih "Organization Chart"  yang sesuai untuk struktur organisasi perusahaan Anda.
  • Klik "OK" untuk memasukkan SmartArt ke dokumen.
  • Pilih kotak dalam diagram SmartArt untuk menambahkan teks sesuai kebutuhan. Silahkan ketikkan nama dan jabatan dalam organisasi kantor Anda.
  • Gunakan panel "Text Pane" yang terletak di sebelah kiri diagram (jika tidak muncul, maka lakukan klik pada panah kecil di sisi kiri SmartArt) untuk menambahkan lebih banyak informasi.
  • Untuk menambahkan kotak baru, Anda bisa lakukan klik kanan pada kotak yang ada dan pilih "Add Shape" . Anda dapat menambahkan kotak di atas, di bawah, atau di samping kotak yang dipilih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah itu kita masuk ke penyesuaian tampilan dengan cara melakukan klik diagram SmartArt untuk membuka tab "SmartArt Design" dan "Format" di bagian atas jendela Word.
  • Lakukan berbagai opsi di tab tersebut untuk mengedit warna, gaya, dan tampilan lainnya dari struktur organisasi.
  • Seret dan lepas kotak dalam diagram untuk menyusun ulang posisi mereka jika diperlukan.
  • Setelah selesai, simpan dokumen yangs udah dibuat.

Dengan menggunakan SmartArt di Word, Kita bisa dengan mudah membuat struktur organisasi yang terlihat profesional tanpa perlu keterampilan desain khusus. Demikianlah tutorial ini semoga bisa membantu Anda dan jika masih ada yang mau ditanyakan maka jangan lupa meninggalkan komentar. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for " Cara Membuat Struktur Organisasi Otomatis di Word"

close